PELATIHAN SISTEM INFORMASI DESA DAN KAWASAN (SIDEKA)

Aula Dinsospermades Kabupaten Banyumas

 

PURWOKERTO. Pelatihan Panduan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) dilaksanakan di Kabupaten Banyumas melalui Dinas Komunikasi dan Informasi dengan Dinsospermades Kabupaten Banyumas.

Pelatihan dibuka pelaksanaanya Selasa, 24 Oktober 2017 mulai pukul 10.00 wib sampai dengan 16.00 wib bertempat di aula Dinsospermades Kabupaten Banyumas dan diikuti oleh perangkat desa di wilayah Kecamatan Sokaraja, Sumpyuh dan Tambak.

Bahwa Aplikasi SIDEKA merupakan bagian dari program Kementerian Kominfo untuk melaksanakan Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari Pedesaan, khususnya dalam memastikan keterhubungan antar desa dan kawasan hingga tingkat nasional, melalui sistem informasi desa dan kawasan.

Salah satu tujuan penting dari penerapan Sistem Informasi Desa dan Kawasan, adalah untuk mewujudkan keberadaan informasi data tentang desa secara akurat dan valid. Keakuratan informasi data desa, akan sangat membantu bukan hanya bagi pemerintah desa, juga bagi pemerintah daerah hingga pusat. Karena selama ini, seringkali data desa yang tidak akurat dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, dapat terkendala atau bahkan mengalami permasalahan.

Karenanya, setelah pelatihan SIDEKA ini, diharapkan aparatur Pemerintah Desa mampu untuk mengembangkan dan memberikan informasi dan data  tentang desa yang lebih akurat, valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan